TUGAS SOFTSKILL ISD 6 : Penerapan
Teknologi Informasi Di Bidang Pemerintahan
Keuntungan yang telah dicapai manusia dalam
bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan sesuatu yang patut
kita syukuri karena dengan kemajuan tersebut akan memudahkan manusia dalam
mengerjakan tugas yang harus dikerjakan.
Teknologi Informasi dan Komunikasi yang
dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut dengan e-goverment membuat
masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program
yang dirancangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar. E-goverment juga
dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa
meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh
pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.
E-government mengacu pada penggunaan teknologi
informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet,
yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis dan kegiatan
lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan
pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet, lebih umum
lagi dikenal sebagai world wide web (www).
Secara lebih mendalam departemen instansi
pemerintah dalam mempersiapkan visi dan misi kebijakan teknologi informasi,
lebih melihat pada faktor equity (menjadikan teknologi
informasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi penggunaan umum). Untuk
mencapai target penerapan teknologi informasi yang efektif perlu diadakan
komputerisasi pemerintahan atau e-government dan sumber daya
manusia dan pendidikan. Alasannya karena penerapan teknologi informasi akan
menjadi optimal apabila pengetahuan para pemakai atau pengguna jasa teknologi
benar-benar memahami teknologi sehingga sasaran penerapan teknologi informasi
tercapai.
Pada intinya e-government adalah
penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara
pemerintah dan pihak-pihak lain. Manfaat e-government yang
dapat dirasakan antara lain :
Pelayanan yang lebih
baik kepada masyarakat
Informasi dapat disediakan 24 jam sehari, 7
hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor. Informasi dapat
dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor
pemerintahan.
Peningkatan hubungan
antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum
Adanya keterbukaan (transparansi) maka
diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini
menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak.
Pemberdayaan
masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh
Dengan adanya informasi yang mencukupi,
masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh,
data-data tentang sekolah: jumlah kelas, daya tampung murid, passing
grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan
digunakan oleh orang tua untuk memilihkan sekolah yang pas untuk anaknya.
Pelaksanaan
pemerintahan yang lebih efisien
Sebagai contoh, koordinasi pemerintahan dapat
dilakukan melalui e-mail atau bahkan video conference.
Bagi Indonesia yang luas areanya sangat besar, hal ini sangat membantu. Tanya
jawab, koordinasi, diskusi antara pimpinan daerah dapat dilakukan tanpa
kesemuanya harus berada pada lokasi fisik yang sama. Tidak lagi semua harus
terbang ke Jakarta untuk pertemuan yang hanya berlangsung satu atau dua jam
saja.
Tuntutan masyarakat akan pemerintahan yang
baik sudah sangat mendesak untuk dilaksanakan oleh aparatur pemerintah. Salah
satu solusi yang diperlukan adalah keterpaduan sistem penyelenggaraan
pemerintah melalui jaringan sistem informasi on- line antar
instansi pemerintah baik pusat dan daerah untuk mengakses seluruh data dan
informasi terutama yang berhubungan dengan pelayanan publik.
Dalam sektor pemerintah, perubahan lingkungan
strategis dan kemajuan teknologi mendorong aparatur pemerintah untuk mengantisipasi
paradigma baru dengan upaya peningkatan kinerja birokrasi serta perbaikan
pelayanan menuju terwujudnya pemerintah yang baik (good governance).
Hal terpenting yang harus dicermati adalah
sektor pemerintah merupakan pendorong serta fasilitator dalam keberhasilan
berbagai kegiatan pembangunan, oleh karena itu keberhasilan pembangunan harus
didukung oleh kecepatan arus data dan informasi antar instansi agar terjadi
keterpaduan sistem antara pemerintah dengan pihak pengguna lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar